Berita Bola – Terkuak, Sir Alex Ferguson Beberkan Alasan Ronaldo Tinggalkan Manchester United

Berita Bola – Nama Cristiano Ronaldo sudah tercatat dalam sejarah Manchester United, bahkan dalah sejarah sepak bola dunia. Nama Ronaldo begitu beken di dunia sepakbola modern dan bersanding dengan Lionel Messi. Mega bintang Juventus tersebut juga pernah menjadi pemain bintang di klub papan atas Liga Inggris Premier League, Manchester United sebelum akhirnya ia didatangkan oleh Real Madrid dengan nilai fantastis yang menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia ketika itu.

Setelah memenangkan trofi Ballon d’Or tahun 2017 yang lalu, Ronaldo mengungkapkan kepada publik bahwa alasannya bisa menjadi seperti sekarang ini adalah karena peran orang-orang di klub lamanya, Manchester United. Namun meski demikian, karirnya selama di United tidak lah semulus yang dipikirkan.

Adalah mantan pelatihnya di Manchester United, Sir Alex Ferguson yang mengungkapkan masalah yang ia hadapi ketika di Old Trafford, hingga membuatnya memutuskan untuk meninggalkan klub pada tahun 2009. Pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut membeberkan bahwa, Ronaldo sempat mempunyai hubungan yang tidak harmonis dengan sejumlah media di Inggris setelah turnamen Piala Dunia 2006 di Jerman.

Hal itu dikarenakan pada Piala Dunia 2006 yang lalu, ketika timnas Portugal bertemu dengan Timnas Inggris di babak perempat final, terdapat sedikit tragedi di lapangan. Ketika itu penyerang timnas Inggris dan rekan setimnya di Manchester United, Wayne Rooney melakukan pelanggaran terhadap Ricardo Carvalho yang merupakan pemain bertahan timnas Portugal. Melihat kejadian tersebut, Ronaldo langsung berlari menghampiri wasit dan ia dianggap mempengaruhi wasit sehingga Rooney mendapatkan kartu merah oleh wasit ketika itu.

Bermain dengan 10 pemain, laga Inggris melawan Portugal harus diselesaikan dengan adu penalti, dimana Portugal keluar sebagai pemenangnya pada laga fase gugur tersebut. Karena kejadian tersebut, Ronaldo tidak diolok-olok oleh media Inggris dan fans Inggris. Hubungan antara Rooney dan Ronaldo pun sempat dikabarkan memburuk.

Meski setelah kejadian itu, Ronaldo masih bertahan di United selama tiga tahun lamanya, namun agen dari sang pemain, Jorge Mendes memberikan penjelasan kepada SAF bahwa kliennya tersebut sebenarnya sudah tidak merasa betah berada di tim Setan Merah.

“Ini semua berawal dari Piala Dunia 2006 ketika Rooney diusir melawan Portugal dan media Inggris dan sejumlah kritikus selalu menyalahkan Ronaldo dalam hal itu. Itu sangat tidak adil, namun pada saat itu Rooney begitu fantastis dan ia mengelola situasinya dengan sangat baik,” ucap Ferguson.

“Rooney berbicara dengan saya dan meminta agar ia bisa melakukan wawancara dengan Cristiano agar membungkan semua kritik sebelum musim baru dimulai. Saya mengatakan kepada Rooney bahwa itu adalah ide yang buruk dan tidak terlihat bijak, saya pikir hal semacam itu adalah tipu muslihat dan saya tidak suka dengan tipu muslihat,” sambung Ferguson.

“Melalui agennya Jorge Mendes, kami diinformasikan bahwa pemain berjuluk CR7 tidak bahagia dan tidak ingin kembali ke United, ketika itu ia menyatakan bahwa ia berharap bisa pergi ke Real Madrid,” tutup Ferguson.

(PHG – 28/07/2018)