Piala Dunia 2018 – Hasil Pertandingan Perancis vs Belgia: Skor 1-0

Piala Dunia 2018 – Perancis berhasil melaju ke partai puncak Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 dalam laga semifinal yang digelar di Saint-Petersburg Stadium, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Kemenangan Les Bleus diraih berkat gol tunggal yang dicetak bek Samuel Umtiti di awal babak kedua. Di final, Paul Pogba cs bakal berhadapan dengan salah satu dari Kroasia atau Inggris.

Setelah Perancis lebih menguasai jalannya pertandingan di menit-menit ke-21. Sayang tembakan voli yang dilepas Toby Alderweird dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Hugo Lloris.

Memasuki menit ke-34, giliran Perancis yang mendapat kesempatan untuk membuka skor. Sayang Olivier Giroud tak mampu menyambut dengan sempurna datangnya umpan manis dari Kylian Mbappe. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, laga masih berlangsung cukup ketat sebelum akhirnya Imtiti sukses sukses membuat Perancis memecah memecah kebuntuan lewat golnya dimenit ke-51.

Berawal dari skema sepak pojok, Umtiti sukses memenangi duel udara dengan Marouane Fellaini untuk menyundul bola kiriman Antoine Griezmann dan membobol gawang Thibaut Courtois Berita Bola.

Tiga menit berselang, Perancis hampir saja menambah keunggulan. Sayang aksi backheel cerdik Mbappe gagal dimanfaatkan Giruoud menjadi gol.

Tertinggal satu gol, pelatih Belgia, Roberto Martinez berupaya meningkatkan intensitas serangan timnya dengan memasukkan Dries Mertens dan Yannick Carrasco.

Axel Witsel memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-81. Sayang tembakannya masih bisa di blok Lloris.

Memasuki masa injury, Perancis mendapat beberapa kesempatan untuk menyudahi pertandingan. Sayang peluang Griezmann dan Corentin Tolisso belum mampu berbuah gol.. Skor 1-0 untuk kemenangan Perancis menjadi laga ini.

Berkat kemenangan ini, Perancis berhak melaju ke partai final untuk menantang pemenang laga antara Kroasia versus Inggris. Partai puncak akan digelar di Luzkniki Stadium, Moskov pada minggu (15/7) mendatang.|

Pertandingan Ketat

“Itu adalah pertandingan yang sangat ketat, tidak banyak momen penting yang bisa jadi penentu pertandingan itu. Perbedaan antara kemenangan dan kekalahan hanya ditentukan oleh satu situasi bola mati, itulah gambaran ketatnya laga ini,” kata Roberto Martinez dikutip dari lawan resmi FIFA.

Martinez memuji para pemain Belgia, yang menurutnya sudah bermain sebaik mungkin sesuai dengan taktik yang dirancang. Hanya saja pertahanan Perancis begitu kokoh, dan Belgia kurang beurntung.

“Kami harus memberi banyak pujian pada cara Perancis bertahan, mereka bahkan membuat beberapa penyerang bermain sangat dalam dan dengan itu mereka menghargai kami.”

“Kami tidak bisa menemukan sedikit sentukan magis di depan gawang lawan dan kami sedikit kurang beruntung,” sambung dia.

Susunan Pemain :

Perancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez, Kante, Pogba, Matuidi (Tolisso 86′), Mbappe, Griezmann, Giroud (Nzonzi 85′).

Belgia: Courtos, Alderweird, Kompany, Vertonghen, Dembele (Mertens 60′), Fellaini (Carrasco 80′), Witsel, Chadli (Batshuayi 90′), De Bruyne, E Hazard, Lukaku.

(RCL/11/07/2018).