Piala Dunia 2018 – Kalah Dari Belgia, Rashford Menilai Ini Ujian Bagi Timnas Inggris

Piala Dunia 2018 – Penutupan pertandingan fase grup Piala Dunia 2018 diakhiri dengan laga akbar yang mempertemukan dua Timnas besar yakni Timnas Inggris dengan Timnas Belgia, pada laga yang berlangsung di Stadion Kaliningrad ini Timnas Inggris harus menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1 dari Timnas Belgia. Kemenangan Belgia atas pasukan The Three Lions ditentukan oleh gol indah yang dicetak eks pemain Manchester United, Adnan Januzaj di awal babak kedua. Dengan hasil ini juga membuat Timnas Belgia lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan catatan poin sempurna sembilan poin, sementara itu Timnas Inggris harus puas duduk di peringkat kedua dengan koleksi enam poin. Pertandingan penentuan juara Grup G ini berlangsung dengan tempo sedang cenderung lambat sejak peluit kick-off dibunyikan. Dari segi penguasaan bola, Belgia unggul tipis dengan 51 persen. Namun, soal tembakan tepat sasaran, Belgia unggul cukup telak 4-1. Saat menghadapi timnas Belgia dan mengalami kekalahan tak ubahnya sebagai sebuah ujian bagi timnas Inggris, hal itu seperti diungkap oleh pilar penyerang Inggris yakni Marcus Rashford.

Pada babak pertama, kedua tim yang turun dengan skuad pelapis hanya sedikit menciptakan peluang sehingga tidak ada gol tercipta. Sebenarnya Timnas Inggris berupaya langsung mengancam di awal-awal babak pertama. Sayang belum ada peluang yang mampu dimanfaatkan menjadi gol. Belgia pun mencoba bereaksi. Sayang peluang yang didapat Michy Batshuayi tak berbuah gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua dan kembali dari kamar ganti, Pelatih Timnas Inggris yakni Gareth Southgate langsung melakukan perubahan dengan memasukan Harry Maguire untuk menggantikan John Stones. Meski tampil cukup menjajikan di awal babak kedua tapi justru malah Timnas Inggris yang harus mengalami kebobolan, tembakan melengkung yang di lepaskan oleh Adnan Januzaj dari luar kotak penalty suskses membobol gawang Jordan Pickford. Marcus Rashford mendapat kesempatan emas untuk menyamakan skor di paruh kedua. Sayang penyelesaian akhirnya masih bisa ditepis Thibaut Courtois. Meski terus-menerus mencoba, tapi serangan Inggris selalu bisa dipatahkan barisan pertahanan Belgia. Skor 1-0 untuk kemenangan Belgia menjadi hasil akhir laga ini. Kemenangan ini membuat Belgia mengakhiri penyisihan grup dengan predikat juara Grup H dan akan menghadapi Jepang di fase 16 besar. Sementara Inggris sebagai tim peringkat kedua akan menantang Kolombia.

Setelah mengalami kekalahan dari Timnas Belgia, penyerang Inggris yakni Marcus Rashford mengatakan bahwa kekalahan ini merupakan ujian bagi Timnas Inggris. Penyerang timnas Inggris, Marcus Rashford, mengaku khawatir bahwa kekalahan dari Eden Hazard dkk akan memiliki dampak buruk bagi timnya. Sebab, menurut dia, itu akan merusak mentalitas positif yang sudah dibangun, setelah memenangi dua laga atas Tunisia dan Panama. Lelaki kelahiran kota Manchester ini menyebut bahwa kekalahan timnya memang terjadi lantaran belum terlalu sering menghadapi tim kuat, dengan sistem permainan baru yang menuntut untuk menekan. Meski demikian, ia dan rekan-rekannya mengaku harus segera melupakan kekalahan dengan beranjak menatap babak 16 besar.

“Saya pikir terkadang sulit untuk menjaga untuk selalu berpikir positif dan memiliki spirit yang kuat, khususnya setelah menelan kekalahan. Namun kami melawan tim yang bagus dengan identitas dan cara bermain kuat. Ini adalah semacam ujian yang baik bagi kami,” kata pemain Manchester United ini.  Piala Dunia 2018  (Enz 29/06/2018)