Piala Dunia 2018 – Hasil Pertandingan Senegal vs Colombia : Skor Akhir 0 – 1

Piala Dunia 2018 – Hasil Pertandingan antara Senegal vs Colombia dalam laga Grup H Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Kamis (28/6) malam WIB ditutup dengan skor akhir 0-1.

Kubu Senegal bermain dengan kostum seba hijau royo-royo melawan Colombia yang kali ini bermain dengan kostum kusning-putih. Senegal terlihat langsung main lebih menekan sejak menit pertama demi raih gol cepat.

Berdasarkan catatan , kedua tim sudah pernah berhadapan satu kali sebelumnya di laga persahabatan pada bulan Mei 2014. Colombia pada saat itu unggul 2-0 di babak awal dan kebobolan 2 gol di babak kedua.

Pelanggran terhadap Falco terjadi usai ditabrak pemain lawan. Yang menabrak juga bukan hanya satu tapi dua pemain Senegal sekaligus yang tega keras menghentikannya di menit ke-11. Senegal semakin agresif dalam menangkal serangan yang dilancarkan oleh Colombia. Setelah Falcao, kini Cuadrado yang jadi sasaran mereka.

Menit ke-18 sempat menunjuk titik putih atas pelanggaran yang dilakukan terhadap Mane di dalam kotak, wasit coba lari ke pinggir lapangan melihat tayangan ulang dari Video Assistant. Hasilnya: sang wasit membatalkan tendangan penalti tersebut!

Hingga menit ke – 24 banyak duel sengit di lini tengah masih terus terjadi namun belum ada gol yang tercipta. Arias sempat  kirimkan umpan jauh ke dalam kotak dari situasi tendangan bebas di sisi kanan, NDiaye langsung keluar dari sarangnya dan menyosor bola yang ada. Sempat terlepas namun ia bisa kembali amankan bola itu Berita Bola.

Mojica terlihat mendapat masalah dilutut kaki kiri saat mengejar Mane di sisi kanan. Tim media pontang – panting masuk ke lapanigan dan berikan perawatan. Di kira cedera serius, Mojica ternyata masih mampu lanjutkan kembali pertandingan. Falco terus dapatkan peluang demi peluang.

KARTU KUNING Menit ke-45 Mojica nekat melakukan pelanggran pada Sarr dan menjadi pemain pertama yang mendapat kartu kuning di laga ini. Tambahan waktu tiga menit untuk babak pertama diberikan, namun tak hasilkan gol apapun untuk skor imbang 0-0.

Colobia lebih berinisiatif lakukan serangan di babak kedua tapi di saat yang sama. Senegal langsung turun ke daerah pertahanannya sendiri untuk perkuat lini belakang mereka. Kartu Kuning sudah dberikan pada M’Baye Babacar Niang usai mengangkat kaki ya terlalu tinggi.

Harus di akui lini pertahanan yang digalang Senegal sangat kuat dan Solid sekali. Semua pemain tampil disiplin saat intensitas oleh Sanchez di depan kotak saat melancarkan serangan kilat ke dalam kotak. Kans bagi Senegal dari tendangan bebas, namun masih gagal dimanfaatkan dengan baik.

NYARIS! Sepakan super keras dilepaskan Muriel did alam kotak menyambar bola liar namun arah bola malah berbelok setelah mengenai kaki pemain belakang Senegal. Penonton mulapi terlihat tidak sabar lagi menantikan gol di laga ini, terlebih saat tahu di laga sebelah sudah ada gol saat Jepang ketinggalan satu angka.

NYARIS! Menit ke – 69 hampir saja kesalahan antisipasi dibuat oleh Sane membuat bola malah manja mengarah ke gawang sendiri, namun Ndiaye sukses mengamankan bola. Tidak ada kesempatan baigus untuk kedua tim cetak gol hingga melelahkan mereka. 

GOL! Colombia akhirnya dapat gol juga di menit ke-74. Memanfaatkan tendangan sudut dari Quintero, Yerry Mina sukses dorong Kolombia unggul usai sundulan mautnya tak bisa digagalkan oleh kiper lawan, N’Diaye. 0-1 untuk keunggulan Colombia.

Hingga lima menit tersisa, Timnas Colombia masih berusaha mencari gol tambahan melalui pergerakan sekplosif Muriel. Sebelumnya parade pergantian pemain sudah terjadi bebrapa  kali dilakaukan kedua tim yang berlaga.

Tambahan waktu 4 menit diberikan oleh official pertandingan saat Colombia masih unggul 0-1. Total umpan mereka 421 berbanding 286 Senegal. Penguasaan bola Colombia 60% berbanding 40% Timnas Senegal. Senegal sendiri akhirnya dipastikan angkat koper karena meski jumlah poinnya sama dengan Jepang, tim Matahari terbit unggul dari selisih gol. Skor akhir 0-1 kemenangan Colombia.

Susunan Pemain Senegal vs Colombia:

Senegal XI ( 4 – 2 – 3 -1 ): Khadim N’Diaye; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, LAmine Gassama; Idrissa Gueye, Cheikhou Souyate; Ismaila Saar, Sadio Mane, Keita Balde; M’Baye Niang.

Cadangan Senegal: Cheikh N’Doye, Diara Sakho, Alfred N’Diaye, Moussa Sow, Moussa Wague, Abdoulaye Diallo, Mame Biram Diouf, Alfred Gomis, Kara, Badou Ndiaye, Adama Mbengue, Moussa Konate.

Colombia XI ( 4 – 2 – 3 – 1 ): David Ospina; Johan Mojica, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Santiago Arias; MAteus Uribe, Carlos Sanchez; Juan Quintero, James Rodriguez, Juan Cuadrodo; Radamel Falcao

Cadangan Colombia: Farid Diaz, Wilmar BArrios, Luis Muriel, Oscar Murillo, Cristian Zapata, Jefferson Lerma, Camilo Vergas, Carlos Bacca, Jose Izquierdo, Jose Cuadrado, Miguel Borja.

(RCL/29/06/2018)