Piala Dunia 2018 – Resmi, Julen Lopetegui ditunjuk Sebagai Pelatih Real Madrid

Piala Dunia 2018 – Tim ibu kota Spanyol, Real Madrid akhirnya menemukan pengganti Zinedine Zidane sebagai pelatih sebelum Piala Dunia 2018 bergulir. Nama-nama seperti Maurichio Pochettino, Antonio Conte ataupun Arsene Wenger yang selama ini dikabarkan menjadi kandidat pengganti Zidane, kandas setelah mengumumkan nama pelatih barunya. Pelatih yang dimaksud adalah pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui yang ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid pada musim depan.

Real Madrid secara resmi mengumumkan Lopetegui merupakan pelatih baru mereka pada hari Selasa (12/06) malam hari. Pelatih yang kini berusia 51 tahun ditunjuk untuk menggantikan posisi pelatih yang ditinggalkan oleh Zidane.

Pada saat ini, Lopetegui sedang bertugas untuk menukangi timnas Spanyol untuk berjuang di Piala Dunia 2018. Tentu, Lapotegui baru akan mulai membahas pekerjaannya bersama Real Madrid setelah Piala Dunia 2018 nanti.

Penunjukkan Lopetegui cukup mengejutkan banyak pihak. Sebab, terdapat beberapa nama top yang sering diisukan untuk berlabuh ke Madrid. Madrid bahkan sempat dikabarkan mencoba mendekati Joachim Loew.

Namun pada akhirnya Madrid memutuskan untuk menunjuk Lopetegui yang sebelumnya tidak ada yang memperkirakannya. Bersama Madrid pun, Lopetegui diberikan kontrak berdurasi 3 tahun.

“Setelah Piala Duia 2018 nanti, Julen Lopetegui akan mulai bertugas menjadi pelatih RealMadrid. Lopetegui akan menjadi pelatih dengan kontrak 3 tahun kedepan,” tulis Madrid di halaman resmi mereka.

Lopetegui sendiri bisa dibilang sudah tidak asing lagi bagi publik Real Madrid, pasalnya ketika masih aktif bermain, ia pernah bermain untuk Real Madrid. Lopetegui pernah membela Madrid Castilla dari periode 1988 sampai 1991.

Ia juga pernah bermain untuk tim utama Real Madrid, namun karir Lopetegui tidak begitu cemerlang, karena hanya mampu menjadi pemain cadangan. Karirnya sebagai pemain memang tidak lah begitu moncer. Dari Tahun 2008 sampai 2009 yang lalu, ia pernah melatih di Madrid Castilla.

Nama Lopetegui mulai dikenal oleh publik ketika ia melatih tim Portugal, Porto pada musim 2014 hingga 2016. Meski tidak berhasil memberikan gelar bagi Porto, namun publik menganggap, Lopetegui membuat tim Porto menjadi tim yang terlihat menjanjikan karena dianggap diisi sejumlah pemain muda berpotensial.

Hingga pada tahun 2016, Lopetegui berkarir menjadi pelatih timnas Spanyol. Tugasnya tersebut pun akan berakhir hingga Piala Dunia 2018 mendatang.

Kiprah pelatih berumur 51 tahun tersebut sesungguhnya sudah cukup lama. Lopetegui pernah melatih timnas Spanyol U-19 dan U-21. Nama beken seperti Isco, David De Gea dan Alvaro Morata adalah pemain yang ia orbitkan di Tim Nasional Spanyol U-21.

Prestasinya bersama timnas Spanyol pun cemerlang, terbukti bahwa Lapotegui pernah membawa timnas Spanyol U-19 keluar sebagai juara Euro pada tahun 2012 yang silam. Berselang 1 tahun kemudian giliran timnas Spanyol U-21 yang ia bawa menjadi jawara di Eropa.

(PH – 13/06/2018)