Piala Dunia 2018 – Belgia Harus Membayar Mahal Setelah Kalahkan Kosta Rika

Piala Dunia 2018 – Timnas Belgia menutup laga uji coba jelang Piala Dunia 2018 dengan hasil yang cukup memuaskan, Belgia berhasil meraih kemenangan yang cukup telak atas sesama kontestan Piala Dunia yakni Kosta Rika. Bertanding di Stadion King Baudoin, Timnas Belgia menang dengan skor telak 4-1 atas timnas Kosta Rika, empat gol timnas Belgia sendiri dicatatkan atas nama Dries Mertens pada menit ke-31, Romelu Lukaku pada menit ke-42 dan 50, kemudian gol terakhir dikemas oleh Michy Batshuayi di menit ke-64. Sedangkan gol semata wayang Kosta Rika datang lewat kaki Bryan Ruiz pada menit ke-24. Namun sayang kemenangan pada laga uji coba ini harus di bayar mahal oleh timnas Belgia lantaran salah satu pilar utama mereka di lini depan yakni Eden hazard harus mengalami cedera, penyerang berusia 27 tersebut harus meninggalkan lapangan pada menit ke-70 dengan berjalan secara pincang dan di gantikan Moussa Dembele.

Pada pertandingan ini Belgia tampil sangat mendominasi dengan penguasaan bola sebesar 69 persen dan memiliki sebanyak 21 peluang, dimana sembilan diantara nya tepat sasaran, sedangkan pada kubu Kosta Rika hanya mampu menciptakan satu peluang mengarah ke gawang dari total dua percobaan yang di lakukan sepanjang laga. Meskipun hanya memiliki sedikit peluang dan kalah dalam penguasaan bola, Timnas Kosta Rika mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-24 lewat sepakan Bryan Ruiz, berawal dari pemain belakang Jan Vertonghen yang berniat membuang bola dengan tandukan nya, justru bola mendarat empuk di tengah kotak penalti dan langsung di sambar oleh Ruiz. Keunggulan Kosta Rika tak bertahan lama, tujuh menit berselang Tuan Rumah akhir nya mampu membalas dengan skema yang hampir sama dengan gol skuad asuhan Oscar Ramirez. Umpan silang Romelu Lukaku, dibuang tidak sempurna oleh bek Kosta Rika dan mendarat di kaki Hazard. Akan tetapi, Hazard tak memilih untuk menembak dan malah mengumpan bola, Umpan tak terduga itu berhasil disambut dan diselesaikan Dries Mertens, setalah melakukan akselerasi dari sisi kiri penyerangan.

Gol kedua tim berjuluk Rode Duivels hadir tiga menit jelang turun minum. Kali ini dilesakkan oleh Romelu Lukaku dengan sekali sentuhan kaki berkat umpan silang akurat Mertens. Kedudukan 2-1 untuk Belgia pun bertahan hingga peluit tanda babak pertama usai dibunyikan. Lima menit babak kedua berjalan, Lukaku mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan crossing pemain yang baru saja masuk yakni Nacer Chadli dari sisi kanan. Tuan rumah kembali membuat seisi Stadion King Baudoin bergemuruh ketika Michy Batshuayi menuai gol keempat Belgia pada menit ke-64 setelah berhasil menuntaskan dengan baik umpan dari Lukaku. Serangan demi serangan pun terus ditunjukan oleh tim berjulukan Setan Merah ini, akan tetapi tidak ada lagi tambahan gol sampai pertandingan berakhir.

Namun kemenangan Belgia kali ini harus di bayar mahal karena cedera nya salah satu penyerang utama mereka yakni Eden Hazard, Penyerang berusia 27 tahun itu berjalan pincang saat ditarik keluar pada menit ke-70 untuk digantikan oleh Moussa Dembele. Namun, pelatih Roberto Martinez masih bisa santai dengan cedera tersebut, Pelatih asal Spanyol berusia 44 tahun itu mengatakan bahwa Eden Hazard hanya mengalami memar ringan di kakinya. Artinya, Eden Hazard masih memiliki waktu satu pekan untuk pulih dari cedera dan mempersiapkan kondisi fisiknya demi membantu timnas Belgia di sepanjang Piala Dunia 2018. Roberto Martinez juga mengaku puas dengan performa Eden Hazard sepanjang pertandingan dengan torehan satu assist untuk gol Dries Mertens.  Piala Dunia 2018 (Enz 12/06/2018)