Piala Dunia 2018 – Deretan Penyerang Tersubur dalam Sejarah Piala Dunia

Piala Dunia 2018 – 3 hari menuju turnamen Piala Dunia 2018 dimulai, antusias para pecinta sepakbola dunia sudah terlihat dan banyak diperbincangkan. Selain keseruan menebak siapa yang akan keluar sebagai juara, menebak siapa yang akan keluar sebagai top skorer pada turnamen akbar tersebut kali ini.

Mungkin banyak yang menjagokan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, namun berikut daftar pencetak gol terbanyak dalam Piala Dunia.

Piala Dunia sudah menghadirkan sejumlah sejarah yang akan dikenang oleh dunia. Selain pemain terbaik, salah satu gelar individu yang paling prestisius adalah pencetak gol terbanyak dalam turnamen Piala Dunia.

Dari masa ke masa, selalu muncul sejumlah penyerang baru yang handal dalam merobek jala gawang lawan. Siapa yang tidak kenal dengan Pele, Maradona hingga Ronaldo Nazario da Lima asal Brasil yang pada masa jayanya begitu fenomenal.

Berikut deretan daftar pemain tersubur sejak Piala Dunia kali diselenggarakan pada tahun 1930 hingga saat ini.

5. Pele – Brasil (12 gol)

Pele legenda sepakbola timnas Brasil dan dunia

Pele legenda sepakbola timnas Brasil dan dunia

Fans sepakbola mana yang tidak mengenal nama Pele? Nama besar Pele sudah menjelma menjadi legenda yang hingga saat ini masih sangat sering terdengar. Pria asal Brasil yang saat ini sudah berusia 77 tahun tersebut sukses membantu Brasil menjuarai tiga Piala Dunia, yaitu 1958, 1962 dan 1970.

Selama keikut sertaannya di Piala Dunia, Pele berhasil selalu mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia. Secara total ia telah berhasil menccetak sejumlah 12 gol dari 14 laga yang ia mainkan di Piala Dunia (0,85 gol/partai).

4. Just Fontaine – Prancis (13 gol)

Just Fontaine legenda Timnas Prancis

Just Fontaine legenda Timnas Prancis

Just Fontaine adalah salah satu legenda timnas Prancis yang tidak kalah hebat dari legenda-legenda lainnya. Fontaine berhasil mencetak sejarah besar ketika membela timnas Prancis sejak tahun 1956 hingga 1960. Penyerang kelahiran Maroko tersebut langsung mencetak tri gol alias hattrick pada laga debutnya. Ketika itu, Prancis berhasil mengalahkan Luxemburg dengan skor mencolok yaitu 8-0.

Fontaine mampu tampil menawan pada Piala Dunia 1958 di Swedia. Tercatat ia sukses menyarangkan 13 gol dalam turnamen tersebut. Dengan torehan fantastisnya tersebut pun, ia berhasil memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam 1 edisi Piala Dunia kala itu.

3. Gerd Mueller – Jerman (14 gol)

Gerd Mueller legenda timnas Jerman

Gerd Mueller legenda timnas Jerman

Gerd Mueller merupakan pemain legendaris asal Jerman. Semasa masih aktif bermain sebagai pesepakbola, Muller adalah penyerang tajam yang selalu menorehkan rekor. Bersama timnas Jerman pun, ia mempunyai catatan gol yang fantastis, yaitu dengan mencetak 68 gol dari 62 laga.

Sedangkan, untuk pentas Piala Dunia, Gerd Mueller berhasil mencetak 14 gol dalam 13 laga yang ia mainkan di Piala Dunia. Mueller tercatat aktif di Piala Dunia 1970 dan 1974.

2. Ronaldo -Brasil (15 gol)

Ronaldo Nazário de Lima legenda timnas Brasil

Ronaldo Nazário de Lima legenda timnas Brasil

Brasil dikenal sebagai negara yang menghasilkan banyak pesepakbola hebat. Selain Pele, Brasil menyumbangkan nama pemain lainnya dalam daftar ini, yaitu Ronaldo Nazario de Lima. Striker tersebut dijuluki The Phenomenal karena kemunculannya yang fenomenal bahkan sejak ia masih remaja.

Bukti ketangguhannya pun terlihat dari pencapaianya membawa Brasil menjuarai Piala Dunia yang kelima pada tahun 2002 lalu di Korea Selatan dan Jepang. Ronaldo sudah membela timnas Brasil sejak Piala Dunia 1994 yang lalu, namun ketika itu ia belum berhasil mencetak gol karena jarang dimainkan.

Barulah pada Piala Dunia 1998, 2002 dan 2006 pria berusia 41 tahun itu mencetak gol di Piala Dunia, secara total, ia berhasil mencetak 15 gol dalam 19 laga.

1. Miroslav Klose -Jerman (16 gol)

Miroslav Klose topskor Piala Dunia dan legenda Jerman

Miroslav Klose topskor Piala Dunia dan legenda Jerman

Tidak mau kalah dari Brasil, Jerman juga mengirimkan 2 wakilnya dalam daftar ini sekaligus pemuncak daftar. Miroslav Klose adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia. Penyerang legendaris Jerman tersebut sukses menyarangkan 16 gol dalam 24 laga nya bersama Jerman di Piala Dunia.

Ia berhasil tampil dalam empat edisi Piala Dunia yaitu Piala Dunia 2002, Piala Dunia 2006, Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia 2014. Gol ke 16 nya dicetak pada saat Jerman membantai tuan rumah Brasil dengan skor mencolok 7-1 di semifinal, 8 Juli 2014 yang lalu.

(PH – 11/06/2018)