Piala Dunia 2018 – Atletico Madrid Juarai Liga Europa Setelah Mempercundangi Marseille

Piala Dunia 2018 – Pada pertandingan final Liga Europa, Atletico Madrid berhasil menjadi juara Liga Europa 2017-2018 setelah mengalahkan Olympique Marseille dengan skor 3-0 tanpa balas. Kemenangan tiga gol Atletico Madrid pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Groupama ini di cetak oleh Antoine Griezmann pada menit ke-21′ dan 49, sedangkan satu gol terakhir Atletico di lesatkan oleh Gabi pada menit ke-89′. Ini adalah keberhasilan ketiga Atletico sejak menjadi juara pada tahun 2010 dan 2012, dimana dalam dua gelar terakhir itu dipersembahkan oleh pelatih Diego Simeone. Atletico menjadi tim yang lebih efektif pada pertandingan kali ini, walaupun cuma memiliki 46 persen penguasaan bola. Dan dari tujuh peluang, mereka berhasil mencetak tiga gol berbanding 10 tembakan milik Marseille namun tidak dapat membuahkan gol satupun.

Sejak dimulai nya babak pertama kedua tim langsung bermain agresif untuk mencuri gol, jual beli serangan pun terus di lancarkan oleh kedua tim. Kebuntuan pecah setelah Atletico berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-21 lewat gol yang di cetak oleh Antoine Griezmann. Berawal dari kesalahan Andre Zambo Anguissa saat menerima operan dari kiper Steve Mandanda, bola berhasil di rebut dan di kuasai oleh Gabi Fernandez. Dia langsung mengoper si kulit bundar kepada Griezmann yang berdiri bebas sebelum mencetak gol. Tertinggal satu gol, Marseille mulai meningkatkan serangan nya ke kubu pertahanan Atletico, namun ternyata kesialan masih tidak lepas dari kubu Marseille setelah Dmitri Payet harus meninggalkan lapangan lebih cepat dari dikarenakan mengalami cedera. Skor 0-1 untuk keunggulan Atletico Madrid pun bertahan hingga turun minum.

Ditarik nya Payet pada babak pertama ternyata membuat Marseille kurang memberikan perlawanan nya di babak kedua, banyak usaha serangan anak asuh pelatih  Rudi Garcia tersebut berhasil di patahkan oleh lini tengah dan belakang Atletico Madrid. Empat menit babak kedua berjalan, Atletico sudah berhasil memperbesar keunggulan melalui gol kedua Antoine Griezmann. Menerima umpan Koke, Griezmann berhasil menggiring bola hingga berhadapan dengan Mandanda sebelum melepas sebuah sepakan cungkil yang tidak mampu diantisipasi. Unggul dua gol tidak membuat Atletico Madrid mengendurkan serangan. Beberapa peluang emas pun sempat didapat wakil Spanyol itu melalui tandukan. Jelang laga berakhir, Atletico Madrid sukses menyudahi perlawanan Marseille dengan mencetak gol ketiga melalui sepakan mendatar dari Gabi Fernandez pada menit ke-89.

Kemenangan Atletico ternyata berhasil mencatatkan beberpa rekor baru untuk klub maupun para pemainnya, salah satu nya adalah Antoine Griezmann. Pemain berusai 27 tahun itu menjadi pemain asal Perancis pertama yang sukses mencetak gol pada final Liga Europa. Selain itu Atletico juga sukses memperpanjang sejarah klub klub asal Spanyol untuk mejuarai Liga Europa maupun Liga Champion, Tercatat klub asal Spanyol sukses memenangi delapan dari sembilan gelar kompetisi antarklub Eropa. Satu satu nya pengecualian adalah Manchester United saat menjuarai Liga Europa 2017.  Piala Dunia 2018 (Enz 17/05/2018)