Piala Dunia 2018 – Manchester City Dan Klub Eropa Lainnya Pastikan Diri Juarai Liga Masing Masing

Piala Dunia 2018 – Liga local pada beberapa negara di Eropa sudah mendekati babak akhir, beberapa kompetisi local di Eropa sudah mendapatkan sang juara, seperti Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman. Dari Liga Inggris Premier sendiri ada Manchester City yang merupakan asuhan pelatih Pep Guardiola yang telah resmi menjadi juara Premier League—kasta teratas Liga Inggris musim 2017-2018. Hasil ini dipastikan setelah Manchester United kalah 0-1 dari West Bromwich Albion, Minggu (15/4/2018). Koleksi 87 angka dari 33 laga milik Man City kini secara matematis tak bisa lagi dikejar oleh Man United di peringkat kedua. Dengan begitu, Vincent Kompany dkk berhak menjadi juara dan meraih trofi kelima Liga Inggris sepanjang sejarah klub. Dengan kekalahan pada laga melawan West Brom, Man United kini mengoleksi 71 poin dari 33 laga. Artinya, poin maksimal skuad asuhan Jose Mourinho ini hanya 86 angka hingga akhir musim.

Man City memang sangat mendominasi Liga Inggris musim ini. Hingga pekan ke-34, “The Citizens” berhasil meraih 28 kemenangan, 3 hasil seri, dan hanya pernah kalah 2 kali. Tidak hanya itu, Sergio Aguerro dkk juga menampilkan sepak bola menyerang yang efektif. Hingga saat ini, mereka sudah mencetak 93 gol dan hanya kemasukan 25 kali. Gelar ini menjadi piala kedua Pep Guardiola selama berkarier di Inggris setelah Piala Liga pada Februari lalu. Hebatnya lagi, mantan Pelatih Barcelona ini menjadi pelatih asal Spanyol pertama yang berhasil menjuarai Liga Inggris. Pesta juara Liga Inggris bagi Man City juga akan berlangsung spesial karena di Stadion Etihad, di hadapan puluhan ribu suporternya. Pasukan Pep Guardiola akan menjamu Swansea City pada 22 April pukul 22.30.

Sedangkan dari Liga Perancis sendiri, Paris Saint-Germain memastikan diri sebagai juara Ligue 1 – kasta teratas Liga Perancis – seusai menang telak atas AS Monaco dengan skor 7-1 pada pertandingan pekan ke-33 di Stadion Parc des Princes, Minggu (15/4/2018). Tujuh gol tim tuan rumah dicetak oleh Giovani Lo Celso (menit ke-15 dan 27′), Edinson Cavani (17′), Angel Di Maria (19′, 58′), Julian Draxler (86′), dan bunuh diri Radamel Falcao pada menit ke-76. Tim tamu hanya mampu mencetak satu gol pada menit ke-38 lewat Rony Lopes. Dengan hasil ini, PSG kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 87 poin, unggul 17 poin atas AS Monaco yang berada di posisi kedua. Dengan lima partai tersisa, Cavani dkk sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh Monaco. Gelar Liga Prancis musim ini adalah gelar ketujuh PSG selama sejarah klub. Bagi pelatih Unai Emery, ini menjadi gelar juara liga pertama di Liga Perancis setelah kalah bersaing dari AS Monaco pada musim lalu.

Sementara itu, di Belanda, PSV Eindhoven berhasil mengunci gelar juara 2017-2018 setelah berhasil mengalahkan Ajax Amsterdam 3-0 pada pertandingan pekan ke-31 Eredivisie di Stadion Philips, Minggu (15/4/2018). Dengan tiga partai tersisa, koleksi angka skuat asuhan Philip Cocu ini tak mungkin lagi terkejar oleh lawannya. PSV Eindhoven kokoh di puncak klasemen Liga Belanda dengan koleksi 80 poin, selisih 10 poin dari Ajax Amsterdam di peringkat kedua. Poin maksimal Ajax jika berhasil menang di tiga laga sisa hanya bisa mengumpulkan 79 poin, sehingga PSV berhak atas juara Liga Belanda 2017-2018. Pada pertandingan penentuan melawan Ajax, PSV berhasik menang berkat gol Gaston Rodrigo pada menit ke-23, Luuk de Jong (38′), dan Steven Bergwijn (54′).

Sedangkan pada pekan sebelumnya, klub raksasa Jerman yakni Bayern Munchen juga berhasil memastikan trofi Bundesliga 2017-2018 dalam genggaman seusai menumbangkan Augsburg pada laga pekan ke-29 dengan skor 3-1 di Stadion WWK Arena. Jupp Heynckes, pelatih Bayern, membawa FC Hollywood meraih juara tersebut dan gelar ini merupakan gelar keenam kali Bayern berturut-turut. Jupp Heynckes mengatakan bahwa kemenangan ini dipersembahkan untuk Carlo Ancelotti.  Piala Dunia 2018  (Enz 16/04/2018)