Piala Dunia 2018 – Manchester City Mempermalukan Tuan Rumah Basel 0-4

Piala Dunia 2018 – Pertandingan Pertama babak 16 besar Liga Champion dini hari tadi 14/02/2018 mempertemukan klub papan atas Liga Swiss yakni FC Basel yang telah siap menjamu klub Raksasa Inggris Manchester City di Stadion St.Jakob Park. Pada pertandingan ini Manchester City yang saat ini tidak terlalu memusingkan Liga Inggris karena hanya membutuhkan enam kemenangan lagi saja untuk menjadi Penguasa London langsung berfokus pada gelar Liga Champion, bermain dengan kekuatan penuh City berhasil mempermalukan tuan rumah Basel dengan skor telak 0-4. Dengan modal empat gol tandang nya Klub besutan pelatih anyar Pep Guardiola ini langsung dapat di pastikan ke perempat final Liga Champion karena pada pertandingan Babak kedua atau Leq kedua nanti City yang akan menjamu Basel di Etihad Stadion hanya membutuhkan hasil seri saja. Didepan 36ribu pendukung nya, Anak asuh pelatih Raphael Wicky yang bermain secara bertahan menggunakan formasi 5-4-1 harus terus menerus menerima serangan Sergio Aguero Cs dari awal pertandingan dimulai hingga berakhir nya pertandingan.

Tuan rumah yang kalah dalam penguasaan bola dari City sejak dimulai nya babak pertama harus membuat barisan belakang dan kiper Basel kerepotan namun masih bisa menahan beberapa peluang untuk The Citizen pada sepuluh menit pertama. Sayangnya pertahanan kuat itu seakan tidak berarti ketika pada menit ke-14 Ilkay Guendogan berhasil memebobol gawang yang dijaga Tomas Vadik sekaligus membawa tim nya unggul 0-1 atas klub berjuluk Bebbi , bermula dari tendangan sudut Kevin De Bruyne ke dalam kotak penalti dapat diselesaikan dengan baik oleh sundulan kepala Guendogan yang membuat kiper Tomas tak bisa berkutik lagi. Tertinggal satu gol membuat semangat para pemain Basel menjadi pudar terutama pada barisan belakang yang mulai kehilangan konsentrasi, hanya 10 menit berselang dari gol pertama The Citizen berhasil menambah dua gol lagi melalui Bernardo Silva menit ke-18 dan Sergio Aguero menit ke-23. Berawal dari umpan bola atas Sterling yang di halau pemain belakang Basel ternyata jatuh di kaki Bernardo Silva yang sedang berdiri bebas, dengan tenang Silva langsung mencongkel bola melewati kiper dan berhasil menggandakan keunggulan 0-2 untuk Manchester City. Lima menit berselang sang mesin gol The Sky Blue yakni Aguero melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti lagi lagi membuat Kiper Tomas tak berkutik kembali sekaligus memperlebar keunggulan tim nya menjadi 0-3. Setelah unggul jauh City mulai mengendorkan serangan nya dan lebih banyak berkutat di lini tengah selama 20 menit terakhir babak pertama tak ada peluang yang dapat membahayakan bagi kedua tim, skor 0-3 pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua di mulai Pasukan Pep Guardiola mulai melancarkan serangan nya kembali, dan langsung membuka peluang melalui tendangan luar kotak penalti Kevin De Bruyne, sayang nya masih dapat di antisipasi dengan baik oleh Kiper Basel. Pada menit ke-53 Ilkay Guendogan berhasil mecatatkan gol kedua nya di papan skor, berawal dari kehebatan Aguero dalam menguasai bola untuk mengecoh barisan belakang basel lalu memberi assist kepada Ilkay yang langsung melakukan sontekan ke pojok atas gawang, berhasil memaksa kiper Tomas untuk memungut bola dari dalam gawang nya untuk yang keempat kali nya. Tidak puas dengan keunggulan 0-4 Manchester City terus melakukan serangan nya ke barisan belakang RotBlau, namun semua upaya para pemain City hanya menjadi peluang saja. Begitu pun dengan pasukan Raphael Wicky, walau hanya menguasai bola sebanyak 30 persen mereka mampu membuat banyak perluang di babak kedua ini, terhitung ada delapan peluang dan tiga diantara nya dapat membahayakan gawang Ederson Moraes, hanya saja kesigapan barisan belakang yang di jaga sang kapten Vincent Kompany lebih siap dibanding dengan para juru gedor Basel. Hingga peluit panjang di bunyikan skor 0-4 pun tak berubah, dengan Hasil baik di Leq pertama ini besar kemungkinan The Citizen menjadi tim pertama yang akan dipastikan lolos ke perempat final Liga Champion musim ini.  Piala Dunia (erc 14/02/18)